Categories
Uncategorized

Bahan dan Cara Membuat Miniatur Jembatan

olafree.net – Tentu akan menarik jika di ruangan Anda terdapat jembatan namun dalam bentuk miniaturnya. Apakah Anda tahu, sebuah miniatur jembatan dapat dibuat umumnya dari bahan sederhana seperti stik es krim dan Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan tersebut. Lebih lanjut, Anda bisa menyimak tutorial membangun miniatur tersebut di bawah ini.

 

Rencanakan Jembatan 

  1. Tentukan Panjangnya

Pikirkan berapa panjang jembatan yang ingin dibuat sebelum membeli bahan-bahan yang diperlukan. Gunakan bantuan meteran kayu dan perkirakan panjang yang diinginkan. Selain panjangnya, hitung juga berapa kira-kira lebar jembatan. Setelah menentukan ukuran jembatan, sekarang Anda bisa menghitung berapa kisaran jumlah stik  yang dibutuhkan. 

 

  1. Siapkan Bahan

Biasanya, stik dapat dibeli di toko swalayan, toko seni, ataupun toko ritel. Jenis stik yang dipakai sesuaikan dengan gambaran jembatan yang Anda rencanakan. Pastikan jumlah stik cukup untuk membuat sebuah jembatan.

 

Bahan yang diperlukan adalah stik es krim sebagai bahan utama miniatur jembatan. Siapkan lem tembak & lem biasa, karton besar / kertas konstruksi, kertas untuk mendesain. Selain itu, siapkan juga pensil, gunting untuk memotong stik, dan meteran kayu atau penggaris.

 

  1. Mendesain Jembatan

Siapkan area kerja yang cukup luas untuk membuat prakarya ini. Letakkan karton di atas meja dan mulailah membuat desain struktur jembatan. Kemudian lanjut menggambar desain yang kurang lebih sudah merepresentasikan jembatan sesungguhnya.

 

Membangun Balok Kerangka

  1. Buat Susunan Balok Jembatan

Gunakan desain yang sudah Anda buat tadi sebagai pedoman untuk membuat susunan balok jembatan yang detail dan lengkap. Mulailah menyusun stik layaknya konstruksi yang sebenarnya.

 

Jika sudah, rekatkan balok-balok kerangka menjadi menggunakan lem. Anda harus cepat dalam melakukannya, karena lem tembak mengering sangat cepat. Tunggu hingga benar-benar kering, pastikan stik tidak terlepas. 

 

  1. Ukur Penopang Melintang

Ukurlah penopang melintang untuk kerangka mengggunakan meteran dan pensil. Jika pengekang yang dipasang semakin banyak, maka jembatannya semakin kuat. Tapi juga jangan terlalu banyak, karena akan sulit melihat apa yang melintas di dek jembatan.

 

  1. Gabungkan Balok Kerangka

Selanjutnya, Anda bisa menggabungkan balok-balok kerangka hingga menyerupai kerangka jembatan yang sebenarnya. Sebelum mengelem, sebaiknya periksa dulu struktur akhir kerangka jembatan. Jika sudah yakin, rekatkan dengan lem dan tunggu beberapa saat sampai lem mengering.

 

Membangun Dek

  1. Susun Dek

Susun stik secara melintang di antara dua kerangka, layaknya jalan yang membentang sepanjang jembatan. Pasang stiknya secara sejajar, agar terlihat rapi dan tidak berantakan. Lebar stik ini akan menjadi lebar dek.

 

  1. Pasang Penopang Melintang

Pasanglah penopang ini untuk mendukung dek dalam formasi berjajar dalam 2 baris (staggering). Sebaiknya gunakan stik dengan ukuran besar agar stabilitasnya lebih baik. Susun stik dalan formasi tersebut memanjang, sehingga dek membentuk 1 bagian utuh. Setelah selesai disusun, tempelkan penopang sesuai tempatnya menggunakan lem.

 

  1. Tambahkan Balok Pendukung

Balok pendukung ini sebagai media koneksi untuk meletakkan dek dan menghubungkan dinding kerangka. Sesuaikan dengan ukuran dek dan ketebalan tiap-tiap kerangka. Tambahkan elemen pendukung ini pada jembatan Anda agar bentuknya semakin lengkap.

 

Merakit Jembatan

Gabungkan dinding kerangka, tambahkan balok penopang dek bila perlu, pasang dek hingga tuntas. Tambahkan balok/elemen pendukung di bagian atas dan rekatkan dengan baik. Jika tiap balok ditempatkan dengan jarak yang rapi dan teratur, maka miniatur tersebut akan nampak lebih realistis.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Pop Up di Chrome

Begitulah kurang lebih langkah-langkah untuk membuat sebuah jembatan versi miniatur. Memang sebuah miniatur jembatan dapat dibuat umumnya dari bahan stik es krim. Bahan tersebut cukup mudah ditemukan dan harganya tak terlalu murah. Selamat mencoba dan berkresasi membuat miniatur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *