Categories
Uncategorized

Melakukan Gerakan Meloncat Dan Berputar Merupakan Gerakan Dasar Untuk Gerakan Ini

olafree.netmelakukan gerakan meloncat dan berputar merupakan gerakan dasar melayang. Untuk melakukan lompatan yang baik anda harus mengetahui cara-cara melompat. Melompat dapat dilakukan dengan vertikal dan jauh. Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap. 

Melompat Vertikal dengan Benar 

  1. Awali dengan melakukan satu atau dua langkah di awal gerakan. Lakukan ancang-ancang dengan satu langkah atau dua langkah sebelum melakukan lompatan. Dengan melakukan ini energi yang terbentuk akan membantu menambah gaya ke atas lompatan. Lompatan vertikal akan mencapai ketinggian maksimum jika Anda melakukannya dengan kedua kaki. 

 

Kekuatan yang berasal dari kedua tungkai kaki dapat Anda gunakan untuk mendorong tubuh dari lantai sebagai titik awal.

  1. Bayangkan Anda menggunakan kursi dan Anda menjatuhkan diri pada kursi. Tekuk lutut untuk menghasilkan kekuatan yang tinggi dari bagian tungkai. Rentangkan kaki dengan jarak selebar bahu, pinggul ditekuk dengan sudut 30° dan lutut ditekuk sudut 60° serta pergelangan kaki 25°. Jaga punggung tetap tegak ketika melakukan lompatan. 
  2. Lakukan dengan bantuan tungkai. Ayunkan tangan ke udara dan juga pangkal jari kaki arah atas, ini akan membantu dalam meningkatkan kekuatan dan ketinggian lompatan. Ketika Anda melakukan gerakan dengan benar maka kaki  akan tertarik ke depan. Ayunkan lengan kembali saat Anda kembali menegakkan seluruh tubuh. 
  3. Mendarat menggunakan bagian pangkal jari di kaki. Menghindari cedera pada kaki, maka saat melakukan pendaratan gunakan permukaan telapak kaki dengan permukaan yang rata untuk menghindari kaki yang terpelintir. Mendaratlah dengan pangkal jari, tumit, lutut dan terakhir pinggul. 

 

Melompat Jarak Jauh 

  1. Latihan dengan lari cepat. Untuk melatih kecepatan Anda, maka bisa dilakukan dengan mencoba melakukan ini agar jarak lompatan Anda lebih jauh. Bisa dengan lari sangat cepat atau tingkatkan kecepatan. 
  2. Melakukan latihan pada lokasi tepat. Lokasi untuk latihan ini biasanya dalam bak pasir jadi Anda jangan sampai melakukan di atas permukaan tanah biasa. 
  3. Lari dengan cepat ke garis awal. Ketika melakukan lompatan mulai lakukan lompatan pada titik terdekat dari garis awal agar lompatan memiliki jarak maksimal. Perlu diperhatikan dimana garis awal lompatan ini kemudian jadikan kaki sebagai tumpuan di sebelah kanan. Naikkan tingkat kecepatan dan kekuatan lari saat akan mendekati garis batas area berlari. 
  4. Mulai lakukan lompatan. Tempatkan kaki yang dominan Anda di kanan garis awal dan fokuskan untuk melompat jauh dengan mendorong pinggul. 
  5. Sebelum mendarat tetap ayunkan tungkai dan lengan depan. Saat Anda merasa kecepatan menurun dan akan segera mendarat maka dorong kaki dan lengan untuk bersiap mendarat. Jarak lompatan akan diukur titik terjauh dari awal. 
  6. Lakukan pendaratan dengan pelan dan lembut. Jaga tubuh Anda agar tetap aman dengan mempertahankan kedua lutut tetap tertekuk sedikit dan meluruskan pergelangan kaki lurus dengan tidak menahan berat tubuh dan mendarat dengan pergelangan tangan. 

Baca Juga : Tak Perlu Opname, Inilah Cara Mengobati Diare Pada Bayi 0-6 Bulan

melakukan gerakan meloncat dan berputar merupakan gerakan dasar melayang dan melompat yang baik dapat Anda lakukan dengan mengikuti langkah yang telah dijelaskan di atas. Cobalah untuk meloncat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *